Viral, Pintu Makam Ulama dari Rongga Akar Pohon Beringin

  • Whatsapp

TAJUKMURIA.com, Rembang – Media sosial dihebohkan dengan video kisah makam yang memiliki pintu masuk unik. Pasalnya, pintu masuk ke makam tersebut hanya berupa rongga akar dari pohon beringin besar yang mengelilingi makam tersebut.

Usut punya usut, makam yang terletak di Desa Panohan, Kecamatan Gunem, Rembang, Jawa Tengah itu merupakan makam ulama besar yang dikenal bernama Ki Ageng Panohan atau Kiyai Muhammad Sholeh.

Bacaan Lainnya

Baca juga !  Diduga Gegara Beda Pilihan Kades, Akses Rumah Warga Diblokir
Loading...

Dalam video yang beredar, makam Ki Ageng Panohan berada di hutan dengan posisi makam berada di antara dua pohon Beringin Panggang. Makam tersebut dikelilingi tembok yang terdapat rambatan akar pohon beringin besar itu.

Untuk masuk ke dalam makam, para peziarah hanya bisa masuk melalui sebuah lorong dari rongga akar pohon beringin itu. Menurut beberapa sumber, seberapapun besarnya postur tubuh peziarah, tetapi akan tetap masuk ke dalam pintu masuk makam tersebut.

Baca juga !  Kapolres Rembang Buka Kemah Bhakti Saka Bhayangkara

Menurut informasi yang dihimpun Okezone, Kiayi Muhammad Sholeh atau Ki Ageng Panohan merupakan salah satu ulama sakti yang telah menyebarkan Islam di kawasan pegunungan Botak dan Kendeng Rembang.

Kabarnya, Kiayi Muhammad Sholeh masih keturunan Maulana Syarif Hidayatullah atau yang dikenal dengan Sunan Gunungjati yang juga keturunan nabi Muhammad S.A.W ke-26. Hal ini sesuai dengan penjelasan dari pengasuh pondok pesantren Al Anwar Sarang, mendiang mbah Maimun Zubair saat berkunjung ke makam tersebut.

Sumber : Okezone

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *