Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Mual dan Muntah Pada Ibu Hamil

  • Whatsapp

TajukMuria.com, Ibu hamil seringkali merasakan mual dan mungkin sampai muntah-muntah. Salah satu penyebabnya karena belum makan selama beberapa jam atau ketika mencium bau tertentu. Meskipun pemicunya bervariasi, gangguan tersebut lebih bersifat umum.

Penyebabnya adalah meningkatnya produksi hormon yang dihasilkan oleh tubuh karena kehamilan.

Berapa lama mual saat hamil berlangsung?

Mual saat hamil biasanya dimulai sejak awal masa kehamilan dan mencapai puncaknya sekitar minggu ke sembilan. Menjelang akhir trimester pertama, rasa mual mulai mereda. Baru saat kandungan berusia 16-20 minggu, mual saat hamil umumnya akan hilang sepenuhnya.

Namun, ada juga ibu hamil yang terus-menerus mengalami mual dan sakit bahkan setelah kandungan berusia lebih dari 16 atau 20 minggu. Bahkan ada yang merasakan mual dan muntah sepanjang masa kehamilan, alias 9 bulan penuh, terutama pada ibu hamil yang mengandung bayi kembar.

Baca juga !  Peringatan Hari Ibu, Plt. Bupati Serukan Pola Hidup Sehat Keluarga

Bagaimana cara menghilangkan mual saat hamil?

Mual saat hamil memang tidak enak, makan pun jadi tidak semangat. Untungnya, ada banyak cara mudah untuk menghilangkan mual saat hamil. Salah satunya dengan cara berikut ini.

#1. Ubah kebiasaan makan

Makan beberapa hidangan kecil (nyemil) untuk menghindari perut kosong, seperti biscuit craker, roti panggang. dan makan sebelum tidur dan sebelum bangun pagi, untuk mengurangi mual muntah dipagi hari.

#2. Meningkatkan asupan makanan yang kaya vitamin B6, seperti biji -bijian, padi-padian, benih gandum, kacang-kacangan, kacang polong dan jagung, serta vitamin yang di berikan oleh bidan atau dokter anda.

Baca juga !  Klinik Pratama BUMDes Sehat, Sahamnya Dimiliki 159 Desa

#3. Jahe, kadang dianjurkan untuk mengobati mual. Anda bisa mengkonsumsi jahe dalam bentuk makanan atau minuman

#4. Ketahuilah bahwa mual muntah akan selalu dilalui dalam waktui tiga sampai empat bulan

#5. Dalam kondisi mual muntah yang parah atau yang disebut dengan hyperemesis gravidarum sampai mengalami dehidrasi dan kehilangan berat badan yang drastis, mungkin membutuhkan penanganan yang lebih khusus bahkan harus rawat inap.

#6. Segera konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan bila mual muntah semakin berat

Kini, Anda bisa mencoba berbagai cara menghilangkan mual saat hamil di atas agar Anda dan janin yang dikandung tetap dalam kondisi sehat. Dan pastikan untuk rutin berkunjung ke dokter kandungan untuk berkonsultasi maupun menyampaikan keluhan yang Anda alami.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *