Tajuk Rembang

Selasa, 8 Januari 2019 - 22:04 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Pabrik Sepatu Rembang

Pabrik Sepatu Rembang

Siap-siap! Pabrik Sepatu di Rembang Buka Ribuan Lowongan Pekerjaan

TAJUK MURIA, REMBANG – Anda warga Kabupaten Rembang yang tengah mencari pekerjaan, bersiap-siaplah. Sebuah pabrik sepatu asal Korea telah berdiri di Kabupaten Rembang, dan dalam waktu dekat mulai merekrut ribuan karyawan.

Perusahaan itu yakni PT Seng Dam Jaya Abadi. Investor asal Korea ini membangun pabrik di sebelah Timur Embung Rowosetro Rembang. Rencananya proses rekrutmen akan dimulai Maret 2019 mendatang.
Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan, total karyawan yang dibutuhkan pabrik ini mencapai 10 ribu orang. Menurut dia, perekrutan pekerja akan dimulai pada Maret 2019 sebanyak 1.000-1.500 pekerja.
Untuk tahap pertama ini menurut dia, difokuskan untuk warga yang berada di ring satu pabrik. Seperti warga Desa pasar Banggi, Desa Sridadi dan sekitarnya.


“Kenapa prioritas ring 1, karena prinsip saya di mana ada perusahaan, di situ harus ada kesejahteraan warga. Akan kita tekan kesana nanti,” katanya.
Ia menyatakan, nilai investasi perusahaan dari Korea itu sangat besar, yakni mencapai US$ 11.920.000 (11,9 juta US Dolar). Saat ini pembangunan bangunan pabrik diperkirakan sudah mencapai 70 % dengan nilai investasi yang telah terealisasi sebesar US$ 6.000.000.
“Target Februari 2019 pemasangan peralatan mesin. Sehingga diperkirakan bulan Maret 2019 pabrik sepatu olahraga ini akan beroperasi. Dalam pelaksanaannya perusahaan tersebut nantinya akan menyerap tenaga kerja 10 ribu orang secara bertahap,” terangnya.

Baca juga !  Desa Punjulharjo Maju Lomba BUMDes Tingkat Provinsi


Selain pabrik sepatu asal Korea, di Rembang juga akan dibangun pabrik gula di Desa Kemadu, Kecamatan Sulang. Investor yang membangun pabrik ini yakni PT Wadah Karya Rembang (WKR).
Bupati mengaku mendapatkan informasi terbaru, investor telah menyelesaikan pembangunan akses jalan masuk. Bulan April tahun ini dilanjutkan pembangunan fisik pabrik dan targetnya tahun 2020 mulai beroperasi.

Baca juga !  Warga Sambiyan Digemparkan Dengan Mayat Mengapung


“Akses jalan sudah selesai dibikin, kemudian bangun pabriknya bulan April. Kalau operasional pabrik sejak awal memang disampaikan tahun 2020, jadi menurut saya sudah sesuai target rencana ini, sebagaimana yang pernah disampaikan kepada Pemkab,” ujarnya.
Nilai investasi pembangunan pabrik gula ini mencapai Rp 201 miliar. Saat ini sudah terealisasi sebesar Rp 51,6 miliar lebih.


“Targetnya 2020 industri pabrik gula ini dapat beroperasi sepenuhnya dan menyerap tenaga kerja 200 orang dan menampung tebu dari petani tebu di Kabupaten Rembang,” pungkasnya. (TM/MUN)

Artikel ini telah dibaca 600 kali

Baca Lainnya