Siaga Bencana, Kapolres Pati Cek Kesiapan Pasukan dan Peralatan Penanggulangan Bencana

  • Whatsapp

tajukmuria.com, Pati – Sebagai antisipasi bencana di wilayah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Polres Pati menggelar Apel gelar peralatan Siaga Bencana di Halaman Mako Polres Pati, Jumat (03/01/2020). Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pati Kota AKBP Bambang Yudhantara Salamun.

Perlengkapan SAR Polres Pati yang telah di gelar antara lain KBM Rantis Rescue berikut perlengkapannya, Mobile Securyti Barier, Perahu Karet, lifevest / pelampung, Perlengkapan selam, Senso alat pemotong, Satwa anjing pelacak, Alat pemadam api ringan, KBM DVI Urdokkes dan KBM Back Bone Polsek jajaran yang telah dilengkapi perlengkapannya SAR.

Bacaan Lainnya

Baca juga !  Pati Dikucuri Dana Rp 2,1 Triliun, Ganjar : Kurangi Rapat dan Studi Banding
Loading...

Dengan didampingi dari BPBD Kab. Pati, Kodim 0718/Pati dan para PJU Polres Pati melakukan pemeriksaan dan pengecekan kelayakan perlengkapan SAR Polres Pati berikut kesiap siagaan para operator yang mengawakinya.

Kapolres Pati menyampaikan bahwa dalam menangani bencana alam perlu adanya kerjasama dari semua pihak dan dalam menanggulangi bencana alam harus dilakukan dengan prinsip dan cara yang tepat.

Kapolres Pati akan menyiagakan puluhan personil jajaran Polres Pati bersama instansi terkait selama 1×24 jam yang dilengkapi peralatan Search And Rescure.

Baca juga !  Prakiraan Cuaca Kabupaten Pati Hari Ini, Cerah Siang dan Malam

Sementara itu, Kasat Sabhara Polres Pati AKP Sugino menambahkan bahwa pengecekan peralatan SAR sebagi bagian dari kesiapan Polres Pati dalam penanggulangan bencana. Alat tersebut dilakukan pemeriksaan agar siap saat digunakan apabila terjadi bencana alam.

“Perahu karet dan pelampung disiapkan apabila terjadi bencana alam berupa banjir. Selain itu alat khusus seperti gergaji mesin dapat digunakan untuk mengevakuasi pohon tumbang,” jelasnya.

Dengan kesiapan alat dan personel diharapkan mampu mendukung kecepatan dalam penanggulangan bencana. Sehingga mampu memberikan bantuan dan penanganan yang maksimal apabila terjadi bencana alam. Namun demikian, kita berharap di Kabupaten Pati tidak terjadi adanya bencana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *