Satlantas Polresta Surakarta Tilang Kendaraan yang Gunakan TNKP Tak Sesui Aturan

  • Whatsapp

TAJUKMURIA.com, Surakarta – Jajaran Satlantas Polresta Surakarta kembali menindak sejumlah pelanggaran potensi laka namun yang cukup menarik perhatian adalah penindakan pelanggaran terhadap pengemudi motor dengan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau plat nomor yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis yang dipersyaratkan.

Penggunaan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang tidak sesuai dengan spektek yang dipersyaratkan, melanggar Pasal 280 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan dan Pasal 39 Peraturan Kapolri No 5 Tahun 2012 tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.

Pada Sabtu (10/08/2019) pagi, anggota Sat Lantas telah melakukan penindakan kepada pelanggar yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. 119 pengendara yang didapati melanggar aturan lalu lintas dilakukan penindakan dan diberikan tilang diantaranya tak mengunakan TNKB sesuai aturan.

Baca juga !  Kecanduan Gadget, Pasien Anak di RSJ Solo Meningkat

Kasat Lantas Polresta Surakarta Kompol Busroni menyampaikan bahwa saat ini berbagai macam TNKB atau plat nomor modifikasi banyak ditemukan di jalan, seperti merubah bentuk huruf, merapatkan jarak antara huruf dengan angka serta menghilangkan sebagian huruf atau angka dengan tujuan supaya bisa terbaca sesuai keinginan pemilik kendaraan.

” TNKB yang tidak sesuai dengan ketentuan spesifikasi teknis, akan kami tindak tegas karena dapat menyulitkan proses identifikasi kendaraan bermotor apabila terjadi kecelakaan lalu lintas atau kejadian kriminal,” terang Kasat Lantas.

Baca juga !  Wagub Jateng Minta Edukasi HIV/AIDS Digencarkan Melalui Medsos

Menurut Kasat Lantas, bahwa pihaknya akan terus melakukan penindakan terhadap TNKB yang tidak sesuai dengan ketentuan spesifikasi teknis, sedangkan kegiatan penindakan akan dilaksanakan sesuai prosedur penindakan yaitu dengan diberikan surat tilang dan e-Tilang.

“Jika didapati pelanggaran TNKB, untuk pemilik kendaraan diharuskan mengembalikan atau memasang TNKB sesuai dengan yang asli, baru akan diijinkan melanjutkan perjalanan,” tutup Kasat Lantas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *