Rumah Warga Jaken Pati Ludes Dilalap Api, Kerugian Capai Rp 300 Juta

  • Whatsapp
Warga bergotong royong memadamkan api yang membakar rumah di Jaken, Pati. (Humas Polres Pati)
Warga bergotong royong memadamkan api yang membakar rumah di Jaken, Pati. (Humas Polres Pati)

TAJUK MURIA, PATI – Rumah milik Sureni (60) di Dukuh Ngulaan, RT 05 RW 03, Desa Sumberejo, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, ludes dilalap api. Kobaran api kali pertama muncul dari kamar anak.

Saat itu, pemilik rumah tengah berada di dapur untuk memasak. Beruntung, saat kebakaran terjadi tak menyebabkan korban jiwa. Hanya saja, kerugian yang diderita ditaksir mencapai Rp 300 juta.

Bacaan Lainnya

Baca juga !  Konsleting Listrik, 3 Kios di Pasar Kalijambe Sragen Terbakar
Loading...

Kapolsek Jaken, Iptu Sunaryo mengatakan, dugaan sementara penyebab kebakaran itu akibat hubungan arus pendek listrik (korsleting). Titik korsleting diperkirakan berada di kamar anak pemilik rumah.

“Kerugian cukup besar karena api meludeskan bangunan beserta isi di dalamnya,” katanya.

Ia menyatakan, dari keterangan saksi kebakaran itu terjadi saat pemilik rumah tengah berada di dapur. Saat itu ia melihat ada api dan kepulan asap dari kamar anaknya.

Melihat hal tersebut, korban keluar rumah dan berteriak meminta tolong. Karena api cepat membesar dan kondisi angin juga besar, membuat api semakin tak terkendali.

Baca juga !  Mulai 2020, Pengelolaan Dana Desa di Pati Melalui Bank Jateng

Warga yang mengetahui kejadian itu langsung berbondong-bondong ke lokasi kejadian untuk memadamkan api dengan alat seadanya. Warga lain melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian dan pemadam kebakaran.

Personil Koramil Jaken dan Polsek Jaken yang turun ke lokasi ikut membantu memadamkan api agar tidak merembet ke rumah lain. Pasalnya, rumah yang terbakar berdekatan dengan rumah warga lain yang terbuat dari kayu.

“Besarnya tiupan angin dan rumah yang terbuat dari tembok dan kayu membuat rumah semakin cepat terbakar. Sehingga perabot dan semua barang yang berada didalam rumah tidak dapat diselamatkan,” terangnya. (TM/MUN)

Pos terkait