Budaya Tajuk Pati

Senin, 19 Agustus 2019 - 05:49 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Ribuan Warga 15 Desa se Gunungwungkal Pati Meriahkan Kirab Merah Putih

TAJUKMURIA.COM, Pati – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke-74 Mayarakat Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Jawa Tengah, menggelar kirab Merah Putih, Minggu (18/08/2019)

Kirab Merah Putih tersebut diikuti oleh 1.200 orang peserta dengan menempuh jarak 65 Kilometer (KM), yang melewati 15 Desa dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 4 jam 15 Menit.

Start di halaman kecamatan Gunungwungkal. Acara kirab dimulai sejak pagi hari yakni pukul 07.30 wib, rute yang dilalui peserta yang berjumlah 1.200 orang ini cukup panjang sekitar 65 km melewati 15 desa dengan perkiraan waktu tempuh 4 jam 15 menit.

Baca juga !  Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Blingijati Winong Ludes Terbakar

Kegiatan kirab ini merupakan gagasan dari muspika bersama kepala instansi, ormas kepemudaan serta masyarakat sekecamatan Gunungwungkal.

Kapolsek Gunungwungkal Iptu Agus Pranowo bersama seluruh pejabat serta tokoh masyarakat hadir dan mengikuti acara yang bernuansa Nasionalisme tersebut.

Sebelum pemberangkatan Kegiatan kirab diawali dengan penyerahan bendera merah putih dari pasukan Paskibra kecamatan Gunungwungkal kepada Camat Gunungwungkal Eko Purwantoro, S.Sos yang selanjutnya dipasang pada kendaraan yang akan dipakai untuk kirab.

Ketua penyelenggara acara, Sekcam Gunungwungkal Agus. S mengatakan, Acara Kirab Merah Putih yang dilaksanakan di kecamatan Gunungwungkal ini adalah yang perdana, sehingga diharapkan tahun- tahun kedepan dapat diagendakan kembali sebagai acara rutin tahunan.

Baca juga !  Raperda Tentang Penghasilan Tetap untuk Kades dan Perangkat Desa Disahkan, Gaji Pokok Setara PNS gologan IIA

“Dengan adanya kirab merah putih ini diharapkan dapat menumbukan kembali rasa patriotisme masyarakat khususnya kecamatan Gunungwungkal,” tandasnya.

Sepanjang jalan terdengar pekik Merdeka..!! merdeka…!! merdeka ..!! dari peserta kirab yang disambut masyarakat desa yang dilalui.

Kegiatan arak-arakan kirab Merah putih ahirnya selesai dan masuk finish di halaman Kecamatan Gunungwungkal pada pukul 11.45 wib dalam keadaan aman dan lancar.

Sumber : Humas Respati

Artikel ini telah dibaca 164 kali

Baca Lainnya