Puluhan Ribu Balita Kudus Diberi Suplemen Vitamin A

  • Whatsapp

tajumuria.com, Kudus – 64.733 anak berusia 6 -59 bulan di Kabupaten Kudus ditergetkan mendapatkan vitamin A pada bulan ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Joko Dwi Putranto melalui Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Muslimah mengatakan progam pemberian vitamin A ini ditujukan untuk meningkatkan kecukupan asupan gizi pada anak. Dan menghindarkan anak dari sejumlah penyakit. Seperti penyakit difisiensi vitamin A, penyakit kulit dan permasalahan kekebalan tubuh.

Bacaan Lainnya

Loading...

Untuk takarannya, anak usia 6-11 bulan akan mendapatkan vitamin A berwarna biru dengan dosis 100 ribu IU. Sedangkan anak usia 12 – 59 bulan akan mendapatkan vitamin A warna merah dengan dosis 200 IU.

Baca juga !  Perayaan Bwee Gee di Kudus Meriah

“Bulan ini, kami targetkan ada 7.757 anak yang mendapatkan vitamin A biru dan 56.976 anak mendapatkan vitamin A merah,” lanjut dia.

Diberikan secara rutin setiap 6 bulan sekali. Vitamin A dosis tinggi ini dapat diterima secara gratis oleh masyarakat baik di Posyandu maupun di Puskesmas.

“Pemberian vitamin A akan dilakukan secara serentak bulan ini. Untuk tanggalnya, menyesuaikan dengan jadwal di masing-masing posyandu,” terangnya.

Pihaknya menambahkan, saat ini ribuan vitamin A itu telah didistribusikan ke 19 puskesmas yang ada di Kudus. Bahkan sejumlah puskesmas telah melakukan pembagian vitamin A kepada ratusan balita.

Baca juga !  Rumah Warga Undaan Kudus Dilahap Si Jago Merah

Bekerjasama dengan sejumlah OPD dan komunitas untuk mempromosikan kegiatan ini. Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus berharap agar para ibu bisa membawa anaknya ke posyandu untuk mendapatkan suplemen vitamin A.

“Harapan kami semua balita di Kudus bisa mendapatkan suplemen vitamin A. Karena ini adalah hak mereka,” tegasnya.

Digelar bersamaan dengan kegiatan timbang serentak dan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) balita. Kegiatan ini diharapkan menyehatkan balita sekaligus menghasilkan data yang valid mengenai jumlah kasus stunting yang ada di Kudus. (Him)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *