Tajuk Pati

Selasa, 18 Desember 2018 - 08:00 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Ganjar Pranowo menyerahkan pengharagaan ke Bupati Pati Haryanto. (istimewa)

Ganjar Pranowo menyerahkan pengharagaan ke Bupati Pati Haryanto. (istimewa)

Pati Dikucuri Dana Rp 2,1 Triliun, Ganjar : Kurangi Rapat dan Studi Banding

TAJUKMURIA, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat sebesar Rp2,1 triliun. Dana tersebut masuk dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2019.

Penyerahan dana DIPA dan TKDD dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kepada 35 bupati/walikota se-Jateng di Gedung Gradhika Bhakti Praja, kompleks kantor gubernuran Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Senin (17/12/2018).

Selain mendapat kucuran dana ini, Pemkab Pati juga meraih penghargaan sebagai daerah terbaik kedua se-Jawa Tengah dalam kinerja penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik  tahun anggaran 2018.

Ganjar Pranowo menyatakan, pada tahun 2019 alokasi DIPA dan TKDD yang diterima JawaTengah sebesar Rp 69,349 miliar. Dari jumlah itu, Pemprov Jateng memperoleh dana senilai Rp 12,328 miliar dan sisanya untuk 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah.

Baca juga !  Telanjang Dalam Mobil, Dua Pria Diamankan Polisi

Ganjar berpesan agar dana tersebut diarahkan untuk memperbaiki kuantitas dan kualitas pelayanan publik serta pembangunan sumberdaya manusia. Hal ini menurut dia,sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

”Perbanyak belanja modal, hilangkan mark up hilangkan terlalu banyak rapat, acara seminar. Dan integritas didorong betul-betul agar tidak terjadi penyalahgunaan,” ujarnya.

Selain itu, Ganjar juga mewanti-wanti agar mencoret anggaran-anggaran rapat serta studi banding yang dianggap tidak relevan.

Yang kunjungan kerja tidak mendukung tidak usahlah, studi banding itu pemerintah tidak perlu. Kalau itu mendukung untuk satu proyek tertentu yang membutuhkan satu kajian, Monggo. Tapi jika itu sifatnya eksploratif tidak usahlah,” katanya.

Baca juga !  Ikutan Yuk, 2nd Anniversary KFI Wilayah Pati Gelar Hunting Bareng

Di sela-sela acara, Ganjar Pranowo juga memberikan penghargaan kepada daerah terbaik dalam penyaluran DAK. Salah satu daerah yang mendapatkannya adalah Kabupaten Pati yang dinilai terbaik kedua se-Jateng. Penghargaan diserahkan ke Bupati Pati Haryanto.

Haryanto menyebut, penghargaan ini merupakan kado untuk semua stakeholder yang telah bersama-sama berkontribusi dan bekerja keras hingga Pati mampu memperoleh penghargaan tersebut.

“Jadikan ini sebagai penyemangat kita, agar di tahun berikutnya bisa menjadi yang terbaik pertama ,” tegas Haryanto.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKPD)Pati Turi Atmoko mengatakan, pencapaian ini merupakan buah dari kerja tim dan semangat guyub rukun di bawah bimbingan serta arahan Bupati Pati Haryanto. (TM/MUN)

Artikel ini telah dibaca 111 kali

Baca Lainnya