Tajuk Pati

Senin, 24 Desember 2018 - 04:01 WIB

2 tahun yang lalu

logo

 Ilustrasi : Jalan tol Semarang-Solo yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo

Ilustrasi : Jalan tol Semarang-Solo yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo

Pati Bakal Dilewati Jalan Tol, Semarang-Demak Dibangun 2019

TAJUK MURIA, PATI – Setelah meresmikan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta-Surabaya (via Solo), pemerintah berencana membangun jalan tol ke Surabaya via pantura timur. Jalan tol ini direncanakan akan melewati wilayah Kabupaten Pati.

Rutenya dimulai dari Kota Semarang-Demak-Kudus-Pati-Tuban-Lamongan-Surabaya. Bahkan untuk ruas tol Semarang-Demak ini direncanakan mulai dibangun pada 2019 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono mengatakan, setelah tol Semarang-Solo bagian dari Trans Jawa telah rampung dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada 20 Desember 2018 lalu, kini pemerintah tengah menggenjot rencana pembangunan tol Semarang-Demak.

Menurut dia, tol ini nantinya juga akan difungsikan sebagai tanggul penahan banjir rob. Sehingga bisa mengatasi permasalahan rob menahun di wilayah Genuk dan Kaligawe, serta beberapa daerah di Demak.

Baca juga !  Bupati Haryanto : Jadi Kades Tak Cukup Hanya Bermodalkan Pengalaman

Terlebih luapan air rob itu sering menggenangi jalur pantura, sehingga menghambat akses transportasi. Seperti yang terjadi di jalur pantura Kaligawe beberapa waktu lalu, di mana banjir menggenangi jalan itu sampai dua pekan.

Terlebih menurut Sri Puryono, banyak keluhan dari pengguna jalan dan pengusaha transportasi tentang kemacetan di jalur pantura Kaligawe.

“Ada keluhan yang disampaikan kalau kemacetannya sudah sangat menyiksa. Jadi tol Semarang-Demak akan segera direalisasikan,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan tol Semarang-Demak bisa dimulai tahun 2019.

Saat ini menurut dia, progresnya masih dalam penetepan lokasi. Setelah tahap ini, proyek pembangunan tol tersebut akan mulai ditenderkan.

”Sekarang lagi diajukan penlok (penetapan lokasi). Harapannya 2019 sudah bisa dimulai pembangunan dari Semarang ke Demak,” katanya saat berada di Semarang, baru-baru ini.

Baca juga !  Kecelakaan Di Jalur Pantura Rembang, 2 Pemotor Alami Patah Tulang

Ia menyebut, pembangunan tol ini nantinya tak hanya berhenti sampai di Demak saja, melainkan akan diteruskan ke timur sampai ke Surabaya. Tol Semarang-Demak ini menurut dia memang didesain untuk tanggul rob.

“Nanti dari Semarang, Demak, sampai Kudus, Pati, Rembang, Lasem, Tuban, Lamongan, hingga Surabaya. Sekarang ini lagi sampai di Demak, sambil mengatasi rob,” katanya.

Lokasi pembangunan jalur tol yang sekaligus berfungsi sebagai tanggul laut itu, antara lain di Kelurahan Terboyo Kulon, Terboyo Wetan, Trimulyo di Kota Semarang. Sementara Demak di Desa Sriwulan, Bedono, dan Purwosari.

Basuki menambahkan pemerintah juga berencana membangun jalur tol trans Jawa selatan, mulai dari Bogor, Ciawi, Ciranjang, Bandung, Tasikmalaya, Garut, Cilacap, Yogyakarta, hingga Solo. (TM/MUN)

Artikel ini telah dibaca 4475 kali

Baca Lainnya