MENCICIPI TAPE SUKUN, RASANYA KHAS DAN KAYA AKAN MANFAAT

  • Whatsapp

tajukmuria.com, Pati – Tape dari Singkong? itu sih biasa. Kalo Tape dari buah Sukun itu baru LUAR BIASA. Pati adalah kabupaten penghasil singkong dan banyak yang mengolahnya menjadi tape.

Membicarakan masalah alternative akan muncul ide-ide menarik yang bisa di teliti. Salah satunya adalah membuat Tape dari buah Sukun.

Bila Anda berasal dari daerah Pati dan sekitarnya akan sangat mudah mendapatkan buah Sukun. Buah Sukun biasanya di olah menjadi keripik sukun, Sukun Rebus, Atau Sukun Goreng.

Rasanya sangat nikmat. Buah Sukun yang matang, dagingnya yang lunak dan lembut bisa digunakan untuk campuran membuat kue.Sekarang ayo berbicara tentang cara membuat Tape dari buah Sukun.

Baca juga !  Masuk ke Kandang Banteng, Sandiaga Uno Malah Diteriaki “Jokowi”

Pertama kita pilih buah sukun yang agak matang (kemampo) tetapi belum lunak daging buahnya. Kemudian buah Sukun ini kita potong-potong seukuran tape singkong (5×5 cm) atau sesuai selera, kemudian kukus hingga matang kurang lebih 1 jam.

Campurkan Ragi tape (Saccharomyces Cerevisiae). Masukkan dalam wadah tertutup rapat dengan plastic, jangan sampai ada kontak dengan udara selama kurang lebih 2-3 hari.

Baca juga !  Diduga Depresi, Warga Ungaran Barat Nekat Gantung Diri

Setelah 2-3 hari akan tercium bau wangi khas tape yang sangat lezat. Kelebihan dari Tape Sukun ini rasanya lebih enak dan lebih manis dibandingkan tape singkong. Sebabnya karena Sukun lebih banyak mengandung karbohidrat yang mudah difermentasi oleh ragi tape.

Kekurangan dari Tape Sukun ini belum UMUM di masyarakat dan buah sukun yang susah di dapat di daerah tertentu. Sekarang peran Anda lah yang bisa membuatnya menjadi UMUM. Siapa tahu bisa menjadi penganan khas daerah Anda. Anda Mau mencoba ?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *