Ini Dia Nurhadi! Tukang Pijat Asal Kudus yang Jadi Capres Guyonan Hingga Viral

  • Whatsapp
NURHADI-ALDO

TAJUK MURIA, KUDUS – Jagad maya Indonesia kini tengah digegerkan dengan hadirnya pasangan capres-cawapres Nurhadi-Aldo. Pasangan ini mempunyai nomor urut 10, dan muncul sebagai poros ketiga dalam pertarungan Pilpres.

Dalam poster yang tersebar dan terserak di media sosial, nama Nurhadi-Aldo dicetak merah sebagian. Yakni pada huruf “DI-dan LDO”, sehingga ketika dibaca akan menjadi Dildo.

Bacaan Lainnya

Loading...

Ini yang membuat orang terbahak-bahak, lantaran nama itu merujuk alat bantu seks yang fenomenal.

Nama koalisi yang mengusung pasangan ini pun agak ‘jorok’ dan terkesan mesum. Yakni ‘Koalisi Indonesia Tronjal Tronjol Maha Asyik’.

Begitu juga dalam berbagai unggahan dalam Fanpage Nurhadi-Aldo, maupun di Twitter dan IG, agak berbau-bau mesum, yang membuat cair setiap komentar yang masuk. Ini salah satu konten postingannya :

” #KaloNurhadiPresidennya Pekan Olahraga Nasional, olahraganya ditambahin spasi antara olah dan raga biar jadi Pekan Olah Raga Nasional (PORN)”.

Namun pasangan ini bukan pasangan capres-cawapres resmi yang disahkan KPU untuk berkontestasi dalam Pilpres 2019.

Baca juga !  Ratusan ASN Tidak Netral, Jateng Terbanyak

Nuhadi-Aldo adalah pasangan capres-cawapres fiktif yang dihadirkan sebagai bentuk keprihatinan atas merebaknya kampanye hitam jelang Pilpres kali ini. Pasangan ini diciptakan oleh sekelompok anak muda kreatif yang mulai jengah dengan laku elite politik saat ini.

Namun siapa sangka, sosok pasangan ini ternyata bukan seutuhnya fiktif. Sosok Nurhadi benar-benar ada.

Sementara sosok Aldo adalah hasil edit gabungan wajah seorang politikus dan wajah orang lain. Sosok Aldo berasal dari guyonan di komunitas shitpost.

Shitphosting merupakan aktivitas online yang awalnya dikenal sebagai posting konten yang mengejutkan atau ofensif. Shitposting bisa juga dipakai untuk konten yang “tidak berfaedah”.

Ini Jati Diri Nurhadi

Dalam sebuah wawancara dengan BBC Indonesia, salah satu tim sukses Nurhadi-Aldo yang tak mau disebutkan identitasnya membeberkan siapa sosok Nurhadi ini.

Dan siapa sangka, Nurhadi adalah seorang tukang pijat. Asalnya juga tak jauh-jauh dari wilayah eks-Karesidenan Pati.

Nurhadi merupakan sosok tukang urut yang sudah banyak dikenal dari daerah Mejobo, Kabupaten Kudus. Nama aslinya memang Nurhadi.

Nurhadi sudah dikenal di komunitas shitposting, karena kebiasaannya mempromosikan jasa pijat, dan beraneka macam foto diri.

Baca juga !  Warga Jati Wetan Mulai Padati Tempat Pengungsian

Kampanye Nurhadi-Aldo adalah cara mereka menyampaikan kritik untuk pemerintah dan politisi di Indonesia.

“Ketika Nurhadi keluar dalam bentuk banyolan, di dalamnya ada pesan untuk masyarakat,” kata sumber tersebut kepada BBC Indonesia.

Ia juga mengakui, sudah menghubungi Nurhadi untuk menggunakan nama dan wajahnya dalam gerakan tersebut.

Hanya saja, Nurhadi tidak ikut menentukan isi konten kampanye yang disebar di media sosial tersebut.

”Sebelumnya, saya sendiri sudah menghubungi Pak Nurhadi dan minta izin, menjelaskan bahwa gerakan ini bisa bermanfaat untuk ekonominya,” kata Tim Sukses.

Caranya, Tim Sukses mengurus desain, promosi dan marketing. Nurhadi mengurus produksi dan pemesanan merchandise, dengan mendapatkan semua keuntungan merchandise.

Penjualan merchandise seperti kaus kampanye, diurus langsung oleh Nurhadi dari Kudus.

“Kami sepakat dan setuju bahwa ini memang gerakan selain meredam konflik politik tapi juga membantu Pak Nurhadi,” kata dia.

Mereka menyatakan tidak mengambil keuntungan finansial dari populernya akun ini. Sedangkan Nurhadi tidak ikut campur dalam program kampanye dan materi yang ada di akun-akun Nurhadi-Aldo. (TM/MUN)

Pos terkait