Hutan Gundul Gunung Patiayam Bakal Dihijaukan

  • Whatsapp
Kondisi kawasan Pegunungan Patiayam yang gundul
Kondisi kawasan Pegunungan Patiayam yang gundul

TAJUK MURIA, KUDUS – Kondisi Pegunungan Patiayam yang semakin gundul membuat banyak pihak resah. Terlebih di musim hujan, gundulnya hutan dan gunung rawan menyebabkan bencana banjir bandang.

Untuk mengatasi ini Konsorsium Muria Hijau berencana menghijaukan Pegunungan Patiayam. Kemarin Konsorsium Muria Hijau, bersama Perhutani, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) dan masyarakat melakukan peninjauan kawasan perbukitan Patiayam di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus.

Bacaan Lainnya

Baca juga !  Tebing 13 Meter di Rahtawu Kudus Longsor, Rumah di Medini Porak Poranda Diterjang Lisus
Loading...

Peninjauan itu dalam rangka pengecekan lokasi sebelum dilakukan penanaman pohon pada awal tahun 2019 mendatang.

Ketua Konsorsium Muria Hijau Hendy Hendro mengatakan,rencananya Januari 2019 akan dilakukan penenaman pohon. Penanaman baru dilakukan pada Januari, karena saat ini tanah di kawasan perbukitan Patiayam belum basah.

“Saat ini yang sudah tersedia ada sebanyak 200 ribu bibit pohon. Seperti tanaman sengon dan buah-buahan,” katanya.

Ia mengatakan, kawasan Patiayam perlu dihijaukan dengan tanaman keras. Menurutnya, di wilayah tersebut perlu untuk dibuat desain model wanatani dan agroforestri.

Baca juga !  19 Balon Kades Jalani Seleksi Tambahan

Yakni pengelolaan sumber daya yang memadukan kegiatan pengelolaan hutan dengan penanaman komoditas tanaman jangka pendek seperti tanaman pertanian.

“Maka dari itu perlu mengubah pola pikir masyarakat yang berkaitan dengan budidaya pola tanam, tanaman semusim,” jelasnya.

Dengan demikian, diharapkan kawasan Patiayam tidak gundul seperti sekarang. Akan tetapi mulai nampak hijau dengan berbagai macam tanaman.

“Untuk menghijaukan Patiayam harus dilakukan sepanjang tahun, bukan hanya hijau semusim saja, saat pas  menanam jagung. Jagung dipanen gersang gundul lagi. Itu kami harapkan tidak akan terjadi lagi. Harapan kami, kawasan Patiayam bisa terlihat hijau,” ungkapnya. (TM/MUN)

Pos terkait