Gunung Tidar, Misteri “Paku Tanah Jawa”

TAJUKMURIA.com, Magelang –  Keberadaan gunung di Kota Magelang ini jadi daya tarik berwisata tersendiri. Selain terkenal dengan Candi Borobudur, rupanya Magelang juga memiliki Gunung Tidar sebagai tempat wisata asri di tengah hiruk-pikuk perkotaan.

Tinggi gunung ini hanya 503 mdpl dan diapit oleh 5 gunung lain: Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, Gunung Sumbing, dan Pegunungan Menoreh.

Bacaan Lainnya

Cerita yang berkembang di masyarakat Gunung Tidar adalah pakunya tanah Jawa. Konon Pulau Jawa yang berbentuk seperti perahu bergejolak dan akan terbawa arus laut. Para dewa kemudian mengirim utusannya untuk membuat tenang bumi Jawa dengan menancapkan paku di tengah-tengah Pulau Jawa, setelah paku tertancap tanah Jawa menjadi tenang.

Tancapan paku tersebut membentuk sebuah gunung yang diyakini sebagai Gunung Tidar. Terlepas dari cerita yang diyakini masyarakat, secara geografis letak Gunung Tidar ini memang berada di tengah-tengah Pulau Jawa.

Baca juga !  Geregetan Bupati Korupsi, Ganjar Ajukan Jateng Jadi Provinsi Pertama KPK di Daerah

Untuk sampai di puncak Gunung Tidar, sudah dibangun tangga naik yang dilengkapi tempat istirahat jika kelelahan. Dengan menaiki 574 tangga dan perjalanan sekitar 20 menit. Retribusi masuk pun cukup dengan membayar Rp 3.000 per orang.

Sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Tidar, traveler akan menemukan jenis pinus, pohon khaya, asem londo, salak dan jenis tanaman lainnya. Kita berjalan menaiki ratusan anak tangga di bawah rerimbunan pohon pinus yang sejuk dan nyaman. Masih juga terdengar ocehan burung-burung, bahkan terkadang bisa bertemu dengan monyet ekor panjang.

Dikawasan Gunung Tidar terdapat beberapa situs dan makam. Makam Syekh Subakir seorang ulama dari Turki yang konon ceritanya berhasil menaklukkan para jin penghuni Gunung Tidar. Kemudian makam tombak Kyai Sepanjang pusaka Syekh Subakir kala berperang melawan para jin. Bentuk nisan makamnya memang tidak lazim. Panjangnya mencapai 7 meter dengan lebar 1 meter.

Baca juga !  'Luluskan' 256 Ribu Lebih PKM PKH, Jateng Terima Penghargaan

Di puncak gunung terdapat lapangan yang cukup luas. Di lapangan ini berdiri kokoh monumen Akademi Militer yang menjulang tinggi. Lapangan ini juga digunakan sebagai tempat para Taruna melaksanakan salah satu prosesi pendidikannya

Di tengah-tengah lapangan terdapat sebuah tugu kecil putih berpagar besi. Titik inilah yang secara kosmik menjadi simbol pakunya Pulau Jawa, yang membuat tanah Jawa tetap tenang dan aman.Terdapat sesajen dan dupa yang dibakar dibawah tugu ini.

Di sisi timur lapangan puncak Gunung Tidar, terdapat sebuah pohon beringin besar. Di bawah pohon ini terdapat sebuah nisan marmer kecil bertuliskan Petilasan Pangeran Purbaya. Konon tempat ini pernah digunakan sebagai tempat bertapa Pangeran Purboyo.

Situs makam yang lain berada di puncak Tidar sisi tenggara. Cungkup makam berbentuk kerucut berwarna kuning, mirip tumpeng raksasa. Ada yang meyakini disinilah makam Sang Hyang Ismoyo atau Kyai Semar Jin penguasa Gunung Tidar.

Bagi sebagian orang yang memang suka lelaku spiritual, Gunung Tidar merupakan salah satu objek yang menjadi tempat tujuan mereka untuk tirakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *