Dr H Musthofa : Sosialisasi 4 Pilar Dapat Dilakukan Untuk Anak PAUD dan TK Dengan Metode Yang Sesuai

  • Whatsapp

tajukmuria.com, KUDUS – Anggota MPR Dr H Musthofa mengatakan sosialisasi empat pilar kebangsaan sebenarnya bisa juga dilakukan kepada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maupun Taman Kanak-Kanak (TK), tentunya dengan menggunakan bahasa dan pendekatan yang sesuai usianya.

Dikatakannya, empat pilar MPR RI yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika ini dapat dikenalkan kepada mereka melalui symbol dan gambar yang mudah dicerna bagi usia mereka.

Bacaan Lainnya

Loading...

Hal itu disampaikannya, saat menggelar sosialisasi 4 Pilar DPR/MPR RI Fraksi PDIP di Omah Aspirasi Dr H Musthofa di Loram Wetan, Jati, Kudus, yang mengundang sekitar 150 para pendidik dan guru PAUD, TK/RA se Kecamatan Mejobo dan Gebog Kudus, Jumat (25/09/2020).

Baca juga !  Ganjar Tetapkan UMK Jateng 2020, Blora Rp 1,834 Juta : Ini Daftar Lengkapnya
Sosialisasi Empat Pilar oleh Dr H Musthofa Anggota DPR/MPR Ri di Omah Aspirasi Loram Kudus (Foto:Istimewa)

“Kalangan kanak-kanak juga perlu sosialisasi empat pilar terutama mengenai wawasan kebangsaan. Jangan sampai mereka terpapar budaya luar yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia,” kata dia.

Musthofa mencontohkan, Kita bisa perkenalkan Bhineka Tunggal Ika, misalnya ada anak yang dari Jawa, Sunda, Sumatera, Kalimantan dan lainnya.

“Kita jelaskan perbedaan tersebut, jangan sampai perbedaan ini menjadi perpecahan. Justru keberagaman yang kita miliki merupakan kekuatan kita sebagai bangsa Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, disaat sekarang ini banyak siswa yang tahu tentang Pancasila, namun mereka tak lagi hafal tentang Pancasila.

“Jadi sangat diperlukan metode yang tepat untuk mempermudah bagi anak-anak menghafal Pancasila,” terangnya.

Saat sesi tanya jawab, Sulistiani, guru TK Pertiwi Golantepus, Mejobo meminta Dr H Musthofa sebagai wakil rakyat agar mengusulkan kepada pemerintah pusat agar lebih berpihak kepada anak-anak Paud dan TK baik swasta ataupun negeri dalam hal konten-konten pendidikan tentang Pancasila.

Baca juga !  Bea Cukai Kudus Musnahkan 20 Ton Sitaan, Termasuk 11 Juta Batang Rokok Ilegal

“Agar kami sebagai guru mudah dalam menyampaikan kepada anak-anak berupa alat peraga yang mudah dicerna oleh anak, terutama terkait 4 Pilar kebangsaan tersebut,” tuturnya.

Sementara M Firman L, guru TK PNI Gebog, memohon agar pemerintah pusat dapat memberikan bantuan fasilitas penunjang kepada anak didik di TK dan PAUD terkait kemudahan teknologi informasi tentang kebutuhan pendidikan di usia mereka.

“Mengingat faktanya anak-anak lebih memilih mengeksplorasi sesuatu melalui fasilitas gadged atau laptop dibanding dengan membaca buku secara konvensional,” ungkap Firman.

Sementara sejumlah guru yang hadir diakhir pertemuan mengucapkan banyak terima kasih kepada Dr H Musthofa, karena meski sudah bukan lagi menjadi Bupati di Kudus, namun masih tetap mengundang mereka untuk bersilaturahmi bersama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *