Event Tajuk Pati

Selasa, 6 Agustus 2019 - 09:04 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pati Selenggarakan Lomba Sapi PO dan Kambing PE

TajukMuria.com Pati-Puluhan peternak Sapi PO dan kambing PE berlomba-lomba mengikuti kontes ternak yang digelar Sabtu (3/8/2019) di Lapangan Hutan Kota Desa Kalidoro , Kecamatan Pati Kota . Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Prrtanian dan Peternakan Kabupaten Pati tersebut diikuti sebanyak 63 peternak sapi dan 62 peternak kambing PE.  

bupati pati haryanto saat membuka Lomba mengatakan,  bahwa sapi peranakan ongole yang berada di jawa tengah kurang lebih ada 1 juta populasi, dan Kabupaten Pati

merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang potensial untuk pengembangan Sapi PO dan kambing PE. Beberapa wilayah kecamatan,  pemilik kambing PE sudah merata. Pengembangan  ternak kambing PE dan sapi PO sudah dilakukan di beberapa daerah di Kabupaten Pati. 

Baca juga !  Event Pati – Festival Mainan Mini 2019

masyarakat tidak memperhitungkan bahwa ini adalah peranakan,. Sebab yang dikejar adalah nilai ekonominya. Tapi dengan adanya perkembangan semacam ini apabila tidak ada bimbingan melalui lomba ternak seperti ini ,maka populasi peranakan itu pun akan cepat punah” Kata Bupati Pati Haryanto dalam sambutan ketika membuka lomba.

Para Pengunjung Lomba Ternak dan Expo Peternakan sedang melihat – lihat Ternak yang dilombakan, Sabtu (3/8/2019)

Kepala Dispertanak Kabupaten Pati Muchtar Efendy mengatakan bahwa dalam kegiatan ini ada kontes contoh ternak- ternak hasil budaya yang baik dari ternak Sapi PO dan KAmbing PE, juga Sapi Jenis LImosin yang didatangkan untuk kelas sapi Eksotis.

Baca juga !  Nekat Mencuri Kayu Jati, Warga Ronggo Jaken Diamankan Polisi

untuk Kriteria penilaian meliputi catatan ukuran tubuh dan kesesuaian ciri-ciri fisik,”terangnya.

penyelenggaraan lomba ternak kali ini merupakan bagian dari peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati ke- 696 dan HUT Kemerdekaan RI ke-74. Kontes dibagi kedalam empat kategori, yaitu pejantan Sapi PO dan kambing PE, calon pejantan Sapi PO dan kambing PE, induk Sapi PO dan  kambing PE, serta calon induk Sapi PO dan kambing PE.

Melalui penyelenggaraan kontes ternak ini diharapkan mampu mengedukasi peternak untuk memilih bibit yang baik. Tidak hanya itu, hasil kontes diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bibit untuk pengembangan ternak. (TM/BI29)

Artikel ini telah dibaca 112 kali

Baca Lainnya