Air Terjun Montel, Hamparan Air Terjun Alami Yang Menyejukkan

  • Whatsapp

tajukmuria.com, Kudus – Selain dikenal dengan destinasi wisata religi, Kudus yang sebelumnya terkenal dengan makam Sunan Muria ini ternyata juga menyimpan pesona alam yang sangat menakjubkan. Keindahan alam yang semacam ini disajikan dalam bentuk air terjun Montel dan lokasinyapun juga tidak terlalu jauh dari Sunan Muria.

Oleh sebab itu, bagi Kamu yang berencana untuk berziarah ke makam sunan muria, cobalah untuk menyempatkan diri singgah dan menikmati deburan air yang jatuh dari ketinggian tertentu sembari menghirup udara segar di sekitar. Sangat cocok untuk Kamu yang ingin melepas jenuh terhadap rutinitas sehari-hari.

Di musim liburan, tempat wisata air terjun Montel ini sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Kegiatan melepas penat setelah perjalanan jauh sering kali dijadikan sebagai alasan bagi mereka yang berkunjung ke lokasi wisata.

Selain itu, banyak pula yang berkunjung ke air terjun Montel sebab banyaknya fasilitas yang bisa dimanfaatkan selama menghabiskan waktu di air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter ini. Tak hanya itu, harga tiketnya yang cenderung sangatlah terjangkau atau sekitar Rp 7,500 per orang. mengingat potensi wisata air terjun ini sangat menjanjikan.

Tidak mengherankan jika pihak Pemerintah Kabupaten Kudus juga turut memberikan perhatian tersendiri atas kemajuan wisata tersebut dengan membangun berbagai fasilitas pendukung seperti halnya mushola, kamar mandi, tempat parkir, warung makan, akses untuk ojek dan juga masih banyak lagi.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Montel

Lokasi Air Terjun Montel tidak jauh dari makam Sunan Muria dan berada di area Gunung Muria.

Baca juga !  Gus Yasin : Ujian Sekolah Berbasis Gawai, Siswa Tak Bisa Mencontek

Alamat lengkapnya terletak di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Air Terjun Montel

Rute menuju Air Terjun Montel jika dari arah Semarang membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Jika kamu bergerak dari alun-alun Kudus atau simpang 7 jarak yang kamu tempuh sekitar 19 km.

Dari simpang 7 Kudus melajulah menuju Colo/Makan Sunan Muria, kemudian sampailah kamu di tempat parkir Sunan Muria. Setelah kamu bisa menggunakan jasa ojeg montel untuk sampai menuju Air Terjun Montel.

Tiket Masuk Air Terjun Montel

Untuk tiket masuk menuju area Air Terjun Montel ini cukup terjangkau yakni hanya Rp. 7.500,- saja per orangnya.

Namun dikarenakan saat ini masih dalam keadaan pandemi maka untuk biaya masuk pun digratiskan.

Untuk kamu yang menggunakan jasa ojeg montel kau diharuskan membayar sebesar Rp. 15.000,- per motornya.

Jam Operasional Air Terjun Montel

Jam operasional Air Terjun Montel ini dibuka selama 24 jam nonstop dan selama 7 hari seminggu. Jadi kamu bisa datang kapan saja.

Fasilitas Air Terjun Montel

Fasilitas yang tersedia di area Air Terjun Montel cukup lengkap, yakni dengan adanya:

  • Kamar mandi
  • Warung-warung makanan
  • Pangkalan ojeg montel
  • Area parkir motor dan mobil

Untuk warung-warung makanan, karena saat ini situasi belum kondsusif makan banyak warung yang tutup.

Penginapan

Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam Gunung Muria lebih lama, kamu bisa bermalam di Hotel Graha Mulia yang lokasinya berada tak jauh dari Makam Sunan Muria dan juga Taman Ria Colo.

Baca juga !  20 Sekolah di Solo Raya Jadi Pilot Project Sekolah Toleran

Hotel Graha Mulia ini dikelola oleh Pemerintah Kudus, dan menwarkan fasilitas yang sangat lengkap. Harga yang ditawarkannya pun sangat murah yakni sekitar Rp. 165.000 sampai dengan Rp. 200.000 saja per malamnya.

Untuk kamu yang akan menginap di Hotel Graha Mulia kamu bisa menghubungi ke nomor (0291) 4357080 atau (0291) 3315870.

Tips Wisata

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Air Terjun Montel, saya bagikan beberapa tips wisata yang bisa jadikan bahan referensi sebelum mengunjungi Air Terjun Montel, diantaranya:

  • Jika ingin menikmati aliran air terjun yang deras datanglah waktu musim penghujan tiba.
  • Pastikan kondisi cuaca pada saat kamu pergi sedang cerah, tidak sedang mendung apalgi turun hujan.
  • Berhati-hatilah saat melakukan treeking menuju Air Terjun Montel.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak.
  • Jagalah kebersihan dan keasrian area Air Terjun Montel.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan momen saat berada di Air Terjun Montel.

Penutup

Kealamian Air terjun Montel menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, dengan dibarengi pengelolaan yang baik akan jauh lebih berkesan bagi para pengunjung.

Keindahan alam yang dihadirkan alam Gunung Muria semakin menambah kesejukan, dan membuat jiwa menjadi tenang dan terus bersyukur akan ciptaan yang Tuhan berikan.

Air Terjun Montel wajib kamu kunjungi setelah kamu selesai berziarah ke makam Sunan Muria, dan rasakanlah kesejukan dan keindahan hamparan alam yang tercipta.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu saat berada di Air Terjun Montel, ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *