19 Balon Kades Jalani Seleksi Tambahan

  • Whatsapp

TAJUKMURIA.com, Kudus – Sebanyak 19 bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Kudus menjalani tes seleksi tambahan

Raut tegang nampak jelas pada wajah 19 bakal calon kepala desa (balon kades) asal desa Loram Wetan, Kecamatan Jati dan Rahtawu, Kecamatan Dawe. Rabu (30/10).

Bacaan Lainnya

Loading...

Bertempat di Lantai 2 Gedung Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus, kegiatan seleksi dibuka dengan tes psikologi. Yakni tes tertulis dan perkenalan diri. Setelah itu, baru dilakukan tes umum dan tes khusus.

Baca juga !  77 Kampus Ikuti Pameran Pendidikan di Kudus, Hartopo : Kejar Cita Sekuat Tenaga

Abdul Aziz, Ketua Panitia Pemilih (Panlih) Desa Loram Wetan mengatakan pelaksanaan seleksi tambahan ini sesuai dengan amanat Perbup nomor 33 tahun 2019 pasal 59 yang menyatakan bahwa Panlih wajib melakukan seleksi tambahan apabila balon yang memenuhi syarat lebih dari lima.

“Syarat pelaksanaan pilkades, balonnya minimal dua dan maksimal lima. Kalau lebih ya Panlih harus melakukan seleksi tambahan,” tegasnya.
Sementara itu, Subarkah, Wakil Rektor III Universitas Muria Kudus membeberkan ada 100 soal multipelchoise yang diujikan dalam seleksi kali ini. Soal tersebut terdiri dari 50 soal pengetahuan umum meliputi matematika, PPKN, ilmu sosial, bahasa Indonesia dan kepemimpinan.

Baca juga !  Seorang Pekerja Meninggal Dunia Tersengat Listrik di Kudus

35 soal pengetahuan khusus terdiri dari regulasi pemerintah desa serta fungsi dan tugas kepala desa. Dan 15 soal psikologi yang menilai aspek kepemimpinan, karakter, kemampuan adaptasi dan kemampuan menjerial dari para balon kades.

Sesuai jadwal, hasil seleksi ini akan diserahterimakan oleh UMK ke Panlih desa pada Rabu (31/10) dalam rapat forum. Untuk kemudian dihari yang sama diumumkan kepada para bakal calon dan masyarakat. (TM/HIM)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *